Tips Terbaik untuk Maksimalkan Pengalaman Anda di Manali

Manali menjadi destinasi pilihan untuk liburan seru, menyegarkan, dan tak terlupakan. Ini adalah kota yang menakjubkan di negara bagian Himachal Pradesh di India utara dan

Ayu Lestari

Manali menjadi destinasi pilihan untuk liburan seru, menyegarkan, dan tak terlupakan. Ini adalah kota yang menakjubkan di negara bagian Himachal Pradesh di India utara dan merupakan salah satu tujuan wisata paling baik dan populer di negara ini. Manali, yang terletak di tepi Sungai Beas di distrik Kullu, penuh dengan suasana tenang, hujan salju berkabut, pemandangan menakjubkan, pengalaman unik, dan banyak lagi.

Manali berjarak sekitar 570 kilometer dari Delhi dan sekitar 6.500 kaki di atas permukaan laut. Baik bepergian bersama keluarga, teman kuliah, atau pengantin baru yang sedang berbulan madu, lokasi ini sempurna. Orang-orang dari seluruh penjuru negeri menginginkan kesempatan untuk menikmati dinginnya cuaca Manali yang menyenangkan.

Waktu Ideal untuk Mengunjungi Manali

  • Musim panas: Musim panas di Manali hangat dan menyenangkan, dengan suhu berkisar antara 10 hingga 25 derajat dari bulan Maret hingga Juni. Musim panas tiba di Manali pada awal Maret. Bulan-bulan ini cuacanya masih bagus, dan pada hari-hari ini, seseorang hanya bisa memakai pakaian termal lapisan dasar.

Cuacanya tidak terlalu dingin, menjadikannya waktu yang ideal untuk mengunjungi Manali dan mencoba aktivitas luar ruangan seperti paralayang, arung jeram, trekking, berkemah, dan banyak lagi. Selain itu, dari bulan Maret hingga Mei, lokasi ini dipenuhi dengan lanskap bunga dan tumbuh-tumbuhan yang bermekaran.

  • Musim dingin: November menandai awal musim, yang berlangsung hingga Februari. Musim ini, tempat ini mengalami hujan salju dan pemandangan indah, dengan suhu turun hingga -1 derajat.

Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang suka bepergian dan berharap bisa bermain ski di musim dingin. Saat Anda memesan Paket wisata Manalipastikan untuk mempertimbangkan suhu di sana.

  • Musim: Musim hujan di Manali dimulai pada bulan Juli dan berlangsung hingga pertengahan September. Wisatawan tidak disarankan mengunjungi Manali pada musim hujan karena curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut dapat menyebabkan tanah longsor, banjir, dan kondisi cuaca berbahaya lainnya.

Bepergian ke Manali

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mencapai lokasi yang Anda inginkan dan metode apa yang digunakan. Berikut ini ikhtisar singkatnya:

  • Lewat udara: Terbang ke Manali tidak disarankan karena cuaca saat ini. Meski begitu, jika Anda lebih memilih naik pesawat daripada menggunakan cara lain, bandara terdekat adalah Bhuntar, sekitar 50 kilometer dari Manali. Penerbangan domestik tersedia dari Chandigarh dan Delhi ke Bhuntar, di mana seseorang dapat mengatur taksi atau taksi ke Manali.
  • Bus dan Kereta Api: Dari segi jalur kereta, Chandigarh merupakan stasiun kereta terdekat, dan dibutuhkan waktu sembilan jam untuk mencapainya dengan bus atau taksi. Kedekatan Manali dengan destinasi populer seperti Kullu, Dharamshala, dan Leh memastikan akses mudah melalui bus pribadi dan jalan raya Himachal Pradesh.

Yang terbaik adalah memesan Volvo atau bus bus tidur, karena harganya terjangkau dan menawarkan tempat duduk yang nyaman serta tidur nyenyak selama perjalanan.

  • Mengemudi sendiri: Anda juga bisa pergi ke Manali dengan kendaraan pribadi. Wisatawan lebih cenderung melakukan perjalanan mandiri untuk mendapatkan hasil maksimal dari perjalanan mereka karena pemandangan yang sangat menawan dan keindahan alam yang berliku-liku setiap putarannya.

Namun, yang terbaik adalah menyewa sopir untuk perjalanan jika Anda merasa tidak nyaman mengemudi, terutama di daerah perbukitan.

Tempat Terkenal untuk Bepergian di dan Sekitar Manali

Kota Manali dibagi menjadi dua bagian: sisi kota, atau “Manali baru”, telah digunakan secara berlebihan untuk keuntungan komersial dalam beberapa tahun terakhir. Keluarga dan pasangan sering terlihat di area ini. Wilayah lainnya adalah desa tua Manali yang tenang dan damai.

Karena keindahan alam dan kesederhanaan kawasan ini, banyak wisatawan maupun orang asing yang memilih untuk menginap dan menjelajah di sana. Berbicara tentang wisata Manali, Anda wajib melihat lokasi-lokasi berikut ini untuk menikmati keunikan dan keindahan kawasan tersebut. Lokasi-lokasi tersebut adalah:

  • Jalan Mal: Salah satu tujuan wisata yang paling populer adalah Mall Road; mengunjungi daerah yang menarik ini diperlukan untuk perjalanan Anda ke Manali. Camilan lezat dan toko-toko milik lokal berjejer di sepanjang jalan, tempat Anda dapat membeli oleh-oleh dari perjalanan Anda yang luar biasa.
  • Lembah Rohtang: Bulan-bulan musim panas sangat ideal untuk mengunjungi Lembah Rohtang, yang tertutup salju sepanjang tahun. Lokasi ini menerima sekitar 25 lakh orang setiap tahunnya dan merupakan pusat perjalanan utama antara Kullu dan Lembah Spiti.
  • Lembah Solang: Tempat di Manali ini terkenal dengan aktivitas petualangannya, termasuk bermain ski, dan menawarkan pemandangan salju dan gletser yang menakjubkan sepanjang tahun. Anda dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan ke lokasi terkenal ini dan mencicipi beberapa makanan Cina dari pedagang kaki lima di lingkungan sekitar.
  • Kastil Naggar: Monumen bersejarah ini adalah pemandangan yang patut untuk dilihat. Terletak di kota Naggar dan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang ditutupi hutan. Lokasi ini memiliki sentuhan masa lalu dengan anyelir batu, perapian, serta kayu dan pahatan batu yang menakjubkan di dalam kastil.

Masih banyak tempat lain untuk dikunjungi jika jadwal Anda memungkinkan.

Kiat untuk Diikuti

  • Buatlah rencana dan pesan terlebih dahulu

Karena Manali adalah tujuan populer, perencanaan yang cermat diperlukan sebelum berkunjung. Tentukan waktu yang ideal dalam setahun untuk berkunjung dan buat rencana terlebih dahulu untuk penginapan, perjalanan, dan aktivitas untuk memanfaatkan biaya yang lebih rendah dan pilihan yang lebih komprehensif. Coba cari penawaran atau diskon di situs web atau aplikasi perjalanan.

Manali menawarkan banyak alasan untuk datang, termasuk Rohtang Pass, Lembah Solang, Manali Tua, dan Kuil Hadimba. Atur lokasi terdekat dalam agenda Anda untuk memaksimalkan waktu Anda. Mengingat kedekatannya, Anda bisa mengunjungi kuil Hadimba dan Manu di hari yang sama!

Ini akan membantu Anda meninggalkan barang bawaan Anda yang lebih besar di hotel untuk kemudahan mobilitas dan kemandirian selama perjalanan Anda. Jika Anda berencana bepergian ke pasar lokal atau menjelajahi alam terbuka, bawalah barang-barang penting saja dalam tas ransel Anda.

Sistem transportasi umum di Manali, yang meliputi bus lokal, becak, dan taksi bersama, sangatlah efisien. Untuk menghemat uang dan waktu, manfaatkan sepenuhnya kemungkinan ini saat meninggalkan kota dan sekitarnya. Hindari jam sibuk untuk mengurangi waktu yang Anda habiskan di kemacetan.

  • Hormati Budaya dan Lingkungan Setempat

Lingkungan sekitar Manali sangat indah dan masih alami. Agar tetap indah, gunakan produk ramah lingkungan dan hindari membuang sampah sembarangan. Selain itu, ketika mengunjungi tempat-tempat suci suatu negara, hormati adat istiadat dan budayanya serta berpakaianlah yang sopan.

Kesimpulan

Dapat dikatakan bahwa perjalanan ke Manali pasti akan dikenang. Baik itu liburan keluarga, perjalanan bulan madu bersama pasangan, reuni teman sekolah atau kampus lama, atau hanya seorang pelancong, area ini memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada semua orang.

Tempat ini menyediakan berbagai keseruan, hiburan, penyegaran, dan pengalih perhatian dari kehidupan sehari-hari yang duniawi.

Tags

Related Post

Leave a comment